Selasa, 29 Desember 2009

Teman Merupakan Aset yang Tak Ternilai

Siapapun bisa sukses asal fokus dan kerja keras

tapi bukan hanya itu yang kita perlukan Karena, untuk mengembangkan bisnis, anda perlu teman. (dalam bisnis anda juga perlu teman, perlu relasi, dan perlu koneksi).

Lebih jelasnya, saya akan cerita sedikit tentang kafe saya. Beberapa waktu yang lalu kami mencoba membuka sebuah kafe di sekitar kampus yg kami beri nama "Cafe Biru Daoen". kafenya tidak terlalu besar dan target marketnya jelas mahasiswa.

Karena di sekitar kampus sudah banyak warung dan kafe sejenis yang berdiri, sudah pasti persaingan berlangsung ketat. Kami sudah menciptakan strategi pemasaran yang bagus, misal, menu-menunya berbeda dari warung atau kafe yang lain.

Tapi, tidak banyak mahasiswa yang mampir. Anda tahu sendiri, yang namanya mahasiswa itu perhitungan. Lebih baik memilih di warung / kafe langganan yang sudah terbukti enak dan murah dari pada coba-coba eh malah kecewa. Lagi pula, umumnya orang pasti berpikir ”warung yang sepi pasti masakannya nggak enak atau terlalu mahal?”

Lalu, kami berupaya untuk memanfaatkan semua teman dan relasi yang ia punya. Ia pun woro-woro pada kami kalau ia membuka warung baru. Hasilnya, setiap kami melewati warungnya pasti kami mampir dan coba icip-icip. Nah, dari situ kafe kami punya daya tarik. Mahasiswa di sana ikut-ikutan penasaran. ”kenapa ya kok warung itu ramai?” Hasilnya kini kafe kami menjadi salah satu yang paling laris.

*jaga kepercayaan dari kawan atau teman dengan sebaik-baiknya.

*Mereka (relasi atau teman anda) adalah pembuka jalan kesuksesan anda. Sebab mereka bukan sekedar teman bagi anda, tapi juga bisa jadi konsumen dan agen iklan. Bukan hanya saat ini, tapi juga seterusnya.

*luaskan jaringan anda setiap hari.

*Biar kenal, ikut mailing list (milis) adalah cara paling gampang.

*Nah, kalau sudah dapat banyak teman, renungkan apa yang akan anda lakukan dengan orang-orang itu?

Kata orang bijak, jika anda baik pada teman, teman juga akan baik pada anda. Begitupun sebaliknya.

Anda setuju dengan saya?

Saya tunggu komentarnya…

NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar